A.
AYAT-AYAT
AL-QUR’AN DAN HADIST TENTANG PENDIDIKAN
1. Surat
Al-a’alq ayat 1-5:
اقْرَأْ
بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ {1} خَلَقَ الإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ {2} اقْرَأْ
وَرَبُّكَ اْلأَكْرَمُ {3} الَّذِي عَلَّمَ ابِالْقَلَمِ {4} عَلَّمَ اْلإِنسَانَ
مَالَمْ يَعْلَمْ {5}
Artinya
:”Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan, Dia telah
menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan tuhanmu lah yang paling
pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam.Dia mengajar kepada
manusia apa yang tidak diketahui.
2. Surat
Al-Mujadalah ayat 11:
يَرْفَعِ اللهُ
الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ............
Artinya :”Allah akan meninggikan
orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan.”(QS.Al-Mujadalah:11)
3. Surat
Thoha ayat 114:
وَقُل رَّبِّ
زِدْنِي عِلْمًا
Artinya :”Dan katakanlah (olehmu
muhammad),”ya tuhanku, tambahkan kepadaku ilmu pengetahuan.”
4. Surat
Shod ayat 29:
كِتَابٌ
أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا ءَايَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ
أُوْلُوا اْلأَلْبَابِ {29}
Artinya :”ini adalah sebuah kitab
yang kami turunkan kepadamu penuh dengan keberkahan supaya mereka memperhatikan
ayat-ayatnya, dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai
pikiran.”
5. Surat
Lukman ayat 14-17 :
وَوَصَّيْنَا
اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ
فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَىَّ الْمَصِيرُ {14} وَإِن
جَاهَدَاكَ عَلَى أَن تُشْرِكَ بِي مَالَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا
وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ
إِلَىَّ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ
{15} يَابُنَيَّ إِنَّهَآ إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُن فِي
صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي اْلأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللهُ إِنَّ
اللهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ {16} يَابُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاَةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ
وَانْهَ عَنِ الْمُنكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَآأَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ
اْلأُمُورِ {17}
Artinya :” [Ayat 14] Dan Kami
perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya
telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya
dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua dua orang ibu bapakmu,
hanya kepada-Ku lah kembalimu.
[Ayat 15] Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku
sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti
keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan
orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Ku lah kembalimu, maka
kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan….
[Ayat 16] (Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu
perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di
dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya
Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.
[Ayat 17] Hai
anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan
cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang
menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan
(oleh Allah).
6.
Hadist Nabi:
Artinya : “mencari ilmu adalah diwajibkan bagi setiap muslim laki-laki dan
wanita dari mulai lahir sampai ke liang lahat.”
7.
Hadist Nabi :
Artinya :”Carilah ilmu walupun ke negri cina.”
8.
Hadist Nabi :
Artinya :”Didiklah anak-anak kalian, karena sesungguhnya
mereka itu dijadikan untuk menghadapi masa yang berlainan dengan masa kalian
ini.”
9.
Hadist Nabi :
Artinya :”Tidaklah henti-hentinya seseorang tiu dapat
dianggap orang berilmu selama ia masih terus belajar ilmu. Apabila ia menyangka
bahwa sesungguhnya ia sudah serbatahu, maka sungguh ia seorang yang jahil.”
10. Hadist Nabi :
Artinya :”Barang siapa yang menginginkan dunia,
hendaklah ia berilmu, Barang siapa yang menginginkan akhirat hendaklah ia
berilmu, Barang siapa yang menginginkan kedua-duanya sekaligus, ia pun harus
berilmu.”
11. Hadist Nabi:
Artinya :”manusia itu ada dua macam:”orang alim(berilmu) dan orang yang belajar
ilmu, dan tidaklah ada kebaikan selain dari dua golongan itu”
12. Hadist Nabi:
Artinya :”sesungguhnya para malaikat itu merendahkan
sayapnya kepada penuntut ilmu karena senangnya atas apa yang dilakukan para
penuntut ilmu.”
13. Hadist Nabi:
Artinya :”Pelajarilah ilmu karena sesungguhnya belajar
semata-mata bagi Alloh itu merupakan kebaikan, dan mempelajari ilmu merupakan
tasbih, dan membahasnya merupakan jihad, dan mencarinya merupakan ibadah, dan
mengajarkannya merupakan sedekah sedangkan menggunakannya bagi orang yang
membutuhkannya merupakan Qurbah(pedekatan diri kepada alloh).
14. Hadist Nabi:
Artinya :’pelajarilah apa-apa yang kalian kehendaki
Alloh tidak akan memberikan upah ganjaran kepada kalian sampai kalian
mengamalkannya terlebih dahulu.
B.
PENDAPAT
PARA AHLI TENTANG PENDIDIKAN
1. Menurut Langefeld
Pendidikan
adalah membimbing anak dalam mencapai kedewasaan.
2. Menurut
Heageveld
Pendidikan adalah membantu anak dalam mencapai
kedewasaan.
3. Bojonegoro
Pendidikan adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum dewasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaanya
Pendidikan adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum dewasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaanya
4. Menurut
Ki Hajar Dewantara
Pendidikan
adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran
serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup
yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan
alam dan masyarakatnya.
5. Menurut
Rosseau
pendidikan
adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak- anak, tapi
dibutuhkan pada masa dewasa.
6. Menurut
Darmaningtyas
Pendidikan
adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang ledih baik.
7. Menurut
Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju
pembebasan yang permanen dan terdiri dari
dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, yang melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap
kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan
sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.
8.
Menurut John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna
pengalaman, hal ini mungkin akan
terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan
dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social.
Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari
orang yang belum dewasa dan kelompok di mana dia hidup.
9.
Menurut H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus-menerus (abadi)
dari penyesuaian yang lebih
tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi
dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan
dari manusia.
10.
Menurut Rederick J. Mc Donald
Pendidkan
adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat.
11. Menurut
Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara
sadar oleh pendidik terhadap
perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
12.
Menurut Djayakarta
Pendidikan adalah memanusiakan manusia muda,
maksudnya pengangkatan manusia
muda ke tahap insani. Inilah yang menjelma dalam semua perbuatan mendidik.
13.
Menurut Sir Godfrey Thomson
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu
untuk menghasilkan perubahan-perubahan
yang permanent di dalam kebiasaan-kebiasaan tingkah lakun,
pikiran, dam sifatnya.
C.
PENDAPAT
SAYA MENGENAI PENDIDIKAN
.
D.
PENDIDIKAN
YANG DI MENEJEMEN DENGAN AL-QUR’AN
(Y) (Y) makasih
BalasHapus