Minggu, 20 Mei 2012

proposal penelitian boss


“PENGARUH PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK SISWA”

A.    LATAR BELAKANG
Tujuan Pendidikan Nasional Bangsa Indonesia adalah untuk membentuk manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, namun untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa terlebih dahulu ia harus memiliki pengetahuan tentang agama, karena seseorang tidak bisa mengamalkan agama jika ia sendiri tidak mengetahui sedikitpun tentang agama yang dianutnya. Berdasarkan kurikulum yang ditetapkan pemerintah bahwa batas/forsi pengajaran agama Islam di sekolah umum  itu hanya diberikan dua jam pelajaran setiap minggunya, jika ditelaah lebih lanjut tentang alokasi yang diberikan kepada siswa dirasakan masih sangat kurang, sementara materi-materi pelajaran agama Islam itu sangat luas.
Salah satu dari pendidikan agama Islam itu ialah akidah akhlak atau yang disebut juga dengan adab, perilaku, perbuatan, sikap dan sopan santun. Akhlak ialah sifat yang tertanam dalam  jiwa, yang dengannya lahirlah bermacam-macam perbuatan, baik atau buruk, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan. Jadi dari defenisi tersebut bahwa apabila seseorang tidak ada pengetahuan tentang akhlak maka akan membuat ia melakukan apa saja yang muncul dalam hatinya, sehingga banyak kita lihat orang yang melakukan perbuatan di luar agama atau hukum, baik ia perkataan, perbuatan, sikap atau tingkah laku yang tidak sesuai dengan agama.
Bahwa diketahui akhlak merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan, sebagaimana yang termaktub dalam sebuah hadits Rasulullah saw :


Artinya : “ Sesungguhnya Aku diutus Allah kemuka bumi ini, untuk menyempurnakan akhlak”.
Dengan demikian untuk menyempurnakan akhlak, seseotang harus melatih diri dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang harus berlatih dan membiasakan diri berfikir dan berkehendak baik. Serta membeiasakan mewujudkan pemikirin dan kehendak baiknya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara demikian seseorang akan meraih kesempurnaan akhlak. Sebab akhlak seseorang bukanlah  tindakan yang direncanakan  pada saat-saat tertentu saja, namun akhlak meruipakan kebutuhan kehendak kehendak dan perbuatan yang melekat pada diri seseorang.Tetapi kenyataan nya bahwa akhlak siswa masih jauh dari harapan apa yang diinginkan dari tujuan pendidikan agama Islam  itu sendiri, yaitu untuk membentuk akhlak siswa yang berakhlakul karimah dan bermoral. Hal ini dapat dinyatakan bahwa lembaga pendidikan sulit untuk mencapai tujuan pelajaran yang diinginkan, hal ini dapat dilihat bahwa siswa banyak akhlak siswa yang tidak sesuai dengan norma-norma agama seperti rendahnya pengetahuan tentang pelajaran  akidah akhlak siswa,perkelahian,tawuran antar pelajar,penyalah gunaan obat-obatan,merokok, dan bolos ketika jam pelajaran.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis berkeinginan untuk menelitinya dengan judul : “PENGARUH PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK SISWA”

B.     IDENTIFIKASI MASALAH DAN RUMUSAN MASALAH
Berdasatkan latat belakang masalah di atas, peneliti mengidentifikasi masalah sebgai berikut :
Rendahnya pengetahuan tentang pelajaran aqidah akhlak siswa
Kurangnya pengamalan siswa terhadap pengetahuan akhlak
Banyaknya siswa yang tawuran
Banyak siswa yang ribut di kelas ketika Proses Belajar Mengajar
Kurangnya minat baca siswa terhadap buku aqidah akhlak
Banyak siswa yang mengucapkan kata-kata yang tidak sopan
Banyak siswa yang merokok
Banyak siswa yang bolos yang ketika Proses Belajar Mengajar
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, penelitian ini dibatasi mengakaji dua variabel, yaitu variabel pengaruh pelajaran aqidah  akhlak (x) dan variabel akhlak siswa (y). maka masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
1.      Seberapa besarkah pengaruh pelajaran aqidah akhlak  terhadap pengamalan akhlak siswa?

C.     TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Sesuai dengan perumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1. Pengetahuan akhlak siswa terhadap pengamalan akhlak siswa.
Adapun manfaat penelitian ini dapat peneliti rangkum kedalalam 2 bagian yaitu:
1. Manfaat Praktis
a.       Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan hal-hal yang mempengaruhi akhlak anak.
b.      Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun  implementasi praktik pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia.
2. Manfaat Teoritis
Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan yang bermanfaat bagi guru sebagai
bahan evaluasi sekaligus sebagai masukan dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar pelajaran akidah akhlak yang dapat mempengaruhi secara positif terhadap akhlak siswa.
D.    KERANGKA BERFIKIR

http://3.bp.blogspot.com/_5JVsc0ZjH-s/SF9jaPEhVpI/AAAAAAAAAEE/aKPxfHJwp-c/s320/Picture1.gif
Berdasarkan gambar diatas maka akan diketahui apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dari pelajaran akidah akhlak (variabel x), terhadap akhlak siswa(variabel y). Lalu dengan diketahui pengaruhnya sehingga memungkinkan kemudahan bagi guru untuk meningkatkan pelajaran akidah akhlak terhadap siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar