KIAT-KIAT
MENULIS EFEKTIF
1. MENULIS = MEMBEBASKAN DIRI
Setiap
orang mmpunyai kemampuan menulis maka perli berupaya keras membebaskan diri
dari sumbatan agar potensi menulis melejit ke luar.
2. MENULIS = MENGEKSPRESIKAN DIRI
Menulis
mempunyai kebebasan mengaitkan materi yang ingin di ungkapkan sesuai dengan
pengetahuan dan watak penulis.
3. MENULIS = MENEMUKAN DIRI
Menulis
akan mendorong sangat keras bila aktivitas menulis ditargetkan untuk mengenal
diri.
4. MILIKILAH CATATAN HARIAN
Catatan
harian akan membantu menuliskan semua hal yang menyesak benak.
5.
KEBIASAAN
MENULIS = KECINTAAN “MENGIKAT” ILMU.
Metoda
Mengingat yang paling efektif adalah dengan mencatat atau menulis.
6. MEMBACALAH BUKU SEBANYAK-BANYAK NYA
Membaca
buku banyak akan membantu lebih mudah untuk mengungkapkan paradigma atau
apa saja yang di inginkannya lewat tulisan.
7. MENULIS = AKTIVITAS INTELEKTUAL
Praktis
yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan amat berguna untuk mengukur sudah
sebarapa tinggi pertumbuhan rohani seseorang.
MANFAAT MENULIS
1. MENULIS
DAPAT MENJERNIHKAN PIKIRAN.
2. MENULIS
DAPAT MENGATASI TRAUMA.
3. MENULIS
MEMBANTU MENDAPATKAN DAN MENGINGATKAN IMFORMASI BARU.
4. MENULIS
DAPAT MEMBANTU MEMECAHKAN MASALAH.
5. MEMBANTU
DAPAT MEMBANTU KITA KETIKA TERPAKSA HARUS MENULIS.
REPRODUKSI TULISAN
1)
RINGKASAN/IKHTISAR
MENGAMBIL
HAL-HAL PENTING DARI SEBUAH WACANA.
TEKNIK MEMBUAT
RINGKASAN
A. Membaca
Naskah Asli
Penulis
harus beberapa kali untuk menangkap:
-
Kesan umum
-
Sudut pandang Memahami judul dan isi naskah asli
-
Maksud penulis
B. Mencatat
Gagasan Utama melalui
-
Judul-judul bab
-
Judul anak bab
-
Paragraf yang di anggap penting
C. Membuat
Reproduksi
Hasil
pencatatan gagasan utama yang berurutan sesuai dengan naskah aslinya disusun kembali
kembali menjadi sebuah tulisan singkat (ringkasan)
2)
RESENSI
DAN SINOPSIS
Kegiatan
reproduksi tulisan dengan cara meringkas tulisan tersebut di tambah pemaparan
penilaian penulis penulis terhadap KELEBIHAN dan KEKURANGAN sumber tulisan yang di baca:
Hal-hal
yang harus diperhatikan.
a. Memahami
sepenuhnya tujuan penulisan asli dengan cara membaca kata pengantar dan
pendahuluan.
b. Memahami
maksud pembuatan resensi tersebut.
c.
Memahami latar belakang pembaca resensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar